GUITAR SOLO AND MELODY LESSON

Tulisan ini saya buat ditujukan bagi teman-teman yang baru belajar gitar tetapi sudah menguasai kunci-kunci dasar dari A sampai G beserta minor dan mayornya. Jadi, bagi teman-teman yang belum bisa kunci dasarnya harap belajar dulu. Di blog ini juga tersedia loh.. hehehe..
Oke, langsung saja saya jelaskan.
Dalam belajar melodi,yang perlu dipersiapkan adalah:
1) Gitar (kalau ada yang mempunyai 23 blok)
2) Tape recorder, mp3, atau apa saja yang digunakan untuk memutar musik.
Setelah alat dan bahan tersedia barulah kita mulai opsi lanjutan.
Dalam belajar melodi.ada beberapa teknik yang harus kita kuasai.
Image
Feeling (peka pada nada).
poin pertama yang harus kita kuasai. Asahlah pendengaran kita pada nada.
Caranya: cocokkan setiap nada pada blok-blok gitar.misalnya: blok ketiga dari senar nomor 5 atau nada C (do). Cari nada yang sama dengan nada (do) dari senar 1 hingga senar 6. Ulang berkali-kali hingga kita mampu membedakan masing-masing nada pada blok tiap-tiap senar.

Kelincahan jari.
Latihlah kelincahan jari kita dengan senam jari tiap pagi atau sebelum latihan. Bisa juga dengan bermain melodi asal asalan yang tujuannya untuk adaptasi.
 
Menentukan not pada kunci nada.
Artinya kita tentukan petikan not tertentu pada kunci,biasanya petikan tsb ada tiga not.Misal:kita gunakan kunci (C) titik notnya adalah =C, E, G titik ini adalah titik yang kita tekan pada jari,juga seterusnya coba praktekkan dengan kunci lain.setelah kita tahu titik notnya barulah kita gunakan feeling kita untuk menentukan petikan pertama saat kita menggunakan kunci-kunci tersebut. Tapi ingat petikan pertama tidak selalu dengan not yang sama pada kunci, misal: pada kunci C tidak selalu petikan notnya juga nada C.
 
Praktek mencari melodi.
Setelah kita tahu titik notnya, baru kita cari melodi dari lagu-lagu yang kita dengar dipemutar musik. Carilah lagu-lagu yang melodinya tidak cepat atau lagu slow. Tapi sebelumnya kita harus tahu kunci lagu tersebut. Setelah itu gunakan feeling kita dengan menirukan melodi lagu tersebut.
 
Mengiringi lagu di pemutar musik.
Sebelum kita mengiringi musik, stem dulu kunci kita dengan lagu di pemutar musik.
Caranya: Jika di musik kuncinya (C), cocokkan dengan titik notnya di (C). Kalau belum cocok, stem lagi hingga cocok. Setelah pas, barulah kita iringi musik tersebut.
 
Bermain bersama teman.
Nah, disinilah praktek sesungguhnya. Ajaklah beberapa teman untuk main bersama. Tapi setelan gitarnya harus sama. Cobalah lagu yang sudah kita hafal kunci dan melodinya untuk kita praktekkan. Usahakan teman anda juga menguasai kunci lagu tersebut. mainkan berulang-ulang dan perbaiki kesalahan2 yang kita buat.

Main di studio musik.
Setelah berbagai praktek yang kita lakukan sendiri atau bersama teman dan sudah menguasai beberapa aransemen lagu, barulah kita praktekkan di studio. Tidak usah harus bagus. Yang penting mencoba.
Tapi yang terpenting dalam belajar gitar itu adalah niat, bukan bakat. Bakat akan menyusul kemudian.
Tips-tips dan teknik di atas merupakan pengalaman pribadi saya yang sudah saya praktekkan sebelumnya karena saya belajar gitar secara otodidak dengan sharing beberapa teman.
Jadi, jangan malas untuk belajar! siapa tahu kelak anda menjadi gitaris terkenal :D
Ok selamat mencoba teknik-teknik dari saya. semoga berguna bagi Anda.
1 comment
  1. aglteam said:

    Nice artikel bro, salam kenal dan mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: