Cara Merawat Gitar Akustik

Ingat! “Barang  + Perawatan = Awet” 
Merawat gitar itu sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi kebanyakan orang malas merawat gitar yang dimilikinya. Setelah dimainkan, gitarnya diletakkan asal-asalan tanpa memperdulikan apa yang akan terjadi pada gitarnya.
Gitar itu sensitif, terutama gitar akustik. Debu sedikit saja sudah berpengaruh banyak terhadap perubahan karakter suara yang dihasilkan.
Ada beberapa cara sederhana agar gitar bisa terawat dengan baik.
Tips-tips berikut itu saya dapatkan dari pengalaman saya, dan sharing teman-teman yang suka main gitar, serta browsing dari internet. Nah, tips berikut sebenarnya mudah untuk dilakukan. Intinya asal jangan malas saja.
Untuk merawat gitar akustik agar tetap awet dan suaranya tetep oke dan tidak fals/sumbang, berikut tipsnya:

Bersihkan Senar
Bersihkan senar secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Kalo perlu pake cairan khusus pembersih senar/string. di toko juga ada. Tujuannya agar senar tidak mudah berkarat, dan menjaga karakter suaranya.
Kendurkan Senar
Jika gitar tidak dipakai dalam waktu yang lama, disarankan senarnya dikendurkan. Ini menjaga agar neck gitar tidak melengkung akibat kencangnya senar.

Letakkan dengan Benar
Posisi terbaik adalah ditelentangkan, dengan posisi senar bebas tidak menyentuh permukaan apapun.

Bersihkan Fretboard
Fretboard adalah tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi kerak. Setiap mengganti senar, bersihkan juga fretboard-nya dengan pick gitar, lalu lap dengan bahan kaos.

Bersihkan Seluruh Bagian Gitar
Selain senar, body, fretboard, dan bagian lainnya juga wajib bersih. Tujuannya agar enak dipandang, juga menjaga kualitas akustiknya.

Ganti Senar Satu Set
Ganti senar kalo udah karat. Jangan menunggu putus atau jelek. Karena pasti berpengaruh terhadap suaranya. Usahakan kalo ganti senar dan senarnya itu sudah lama, jangan satu-satu meskipun yang putus satu. Tujuannya agar karakter suara tiap senar seragam.

Tas Gitar/Guitar Case
Pastikan gitar mempunyai tas/case untuk melindunginya dari udara kotor diluar dan dari benturan. ada 2 jenis guitar case yaitu softcase atau hardcase. Softcase lebih ringan dan mudah untuk dibawa kemana mana, sedangkan hardcase melindungi total dari benturan. Tergantung pilihanmu. selalu simpan gitar dalam case apabila tidak dimainkan. Maka gitar akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Jangan Dibanting
Sayangilah gitar kita. Jika akan diletakkan, letakkan dengan perlahan agar body gitar tidak pecah atau setelan senar tidak berubah dan menjadi kacau.

Semoga tips yang saya berikan bermanfaat serta membuat gitar kita lebih awet dan terawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: